PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PENGALAMAN BAHASA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS IIA SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN

Afifatun, Nasikha (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PENGALAMAN BAHASA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS IIA SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241011_AFIFATUN NASIKHA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode pengalaman bahasa pada anak berkesulitan belajar membaca Kelas IIA SD Muhammadiyah Demangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek pada penelitian ini yaitu satu anak berkesulitan belajar membaca kelas IIA SD Muhammadiyah Demangan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan proses pembelajaran membaca menggunakan metode pengalaman bahasa dan hasil tes kemampuan membaca permulaan dianalisis berdasarkan rumus penilaian ketepatan membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pengalaman bahasa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca kelas IIA SD Muhammadiyah Demangan yang dinyatakan dengan adanya peningkatan skor kemampuan membaca permulaan dari sebelum diberikan tindakan berupa metode pengalaman bahasa sebesar 38 dengan nilai 77,55 kemudian skor yang diperoleh meningkat menjadi 44 dengan nilai 89,79 setelah menggunakan metode pengalaman bahasa. Selain itu, keaktifan anak dalam mengikuti pembelajaran membaca di kelas juga meningkat. Hal ini terlihat dengan munculnya semangat anak dalam menceritakan pengetahuannya tentang materi dengan bahasanya sendiri dan anak dapat mengemukakan pendapat kepada guru sedangkan sebelumnya anak belum berani dalam mengungkapkan pendapat saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 09:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56888

Actions (login required)

View Item View Item