PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Yuniati, Dwi (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Yuniati.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik mind map terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Kotagede I Yogyakarta tahun ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 66, yaitu kelas A dan B. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen dan test. Tes yang digunakan dalam penelitian telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan perhitungan deskriptif dengan langkah-langkah mendeskripsikan data awal dan data akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis hasil belajar dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung nilai ratarata, range, dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 14,46 dan kelas kontrol sebesar 5,78 sehingga dapat diketahui bahwa siswa mencatat menggunakan teknik mind map memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan siswa mencatat menggunakan teknik biasa. Nilai range dan standar deviasi tes akhir kelas eksperimen lebih kecil dibandingkan kelas kontrol sehingga kelas eksperimen lebih normal dan homogen dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen mencatat materi memadukan warna, gambar, dan kata sehingga mengaktifkan kerja otak kanan dan otak kiri serta menciptakan siswa kreatif, sedangkan kelas kontrol mencatat tanpa perpaduan warna, gambar, dan kata sehingga hanya mengaktifkan otak kiri dan menciptakan siswa statis. Nilai tes akhir kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 77,42, range sebesar 40, dan standar deviasi sebesar 10,68, sedangkan nilai tes akhir kelas control memiliki nilai rata-rata sebesar 70,3, range sebesar 65, dan standar deviasi sebesar 15,70. Berdasarkan nilai rata-rata, range,dan standar deviasi kelas eksperimen dan kelas kontrol maka mencatat menggunakan teknik mind map berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Kotagede I Yogyakarta tahun ajaran 2011/ 2012. Kata Kunci: teknik mind map, hasil belajar IPS, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item