PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I DI SLB SEKAR TERATAI 1 SRANDAKAN

Dwi, Asri Rahmawati (2014) PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I DI SLB SEKAR TERATAI 1 SRANDAKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
08103241017_DWI ASRI RAHMAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain playdough terhadap peningkatan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita sedang kelas I di SLB Sekar Teratai 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subyek penelitian merupakan anak tunagrahita sedang kelas I, yakni subyek AR. Pengumpulan data menggunakan tes performance atau perbuatan dan observasi pada saat pelaksanaan intervensi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian ketika proses bermain playdough selama sesi intervensi menunjukkan bahwa subyek mengalami peningkatan dalam penguatan telapak dan jari-jari tangan, koordinasi antara tangan dengan mata, serta kelenturan telapak dan jari-jari tangan, sehingga nilai yang diperoleh dalam bermain playdough pada fase intervensi semakin meningkat. Mean level yang diperoleh meningkat dari 56,94% pada fase baseline-1 (A) menjadi 81,6% pada fase intervensi (B) dan 88,9% pada fase baseline-2 (A’). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui bermain playdough dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita sedang kelas I di SLB Sekar Teratai 1 Srandakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56863

Actions (login required)

View Item View Item