PENINGKATAN PEMAHAMAN BENCANA GEMPA BUMI TEKTONIK MELALUI MEDIA LEGO DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VII DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN

Zukhana, Dwi Cahyani (2014) PENINGKATAN PEMAHAMAN BENCANA GEMPA BUMI TEKTONIK MELALUI MEDIA LEGO DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VII DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
07103241042_ZUKHANA DWI CAHYANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bencana gempa bumi tektonik pada siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS SLB Wiyata Dharma I Sleman melalui penggunaan media lego. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ”Classroom Action Research” yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Peneliti meminta penilaian pakar, yaitu guru bidang studi IPS kelas VII SLB Wiyata Dharma I. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman gempa bumi tektonik pada anak tunarungu kelas VII dalam pembelajaran IPS pada siklus I, adalah dengan tindakan melibatkan anak secara aktif pada setiap tahap pembelajaran media lego. Hasil pada siklus I yakni, persentase pencapaian skor pre test 40%, meningkat menjadi 64% pada post test I, persentase peningkatan dari pre test ke post test I sebesar 24% pada subjek I, sedangkan pada subjek II persentase pencapaian skor pre test 28%, meningkat menjadi 68% pada post test I, persentase peningkatan dari pre test ke post test I sebesar 40% dan siswa belum dapat melakukan tahap memahami konsep gempa bumi tektonik dalam media lego, melalui bimbingan guru dan hasilnya tidak sesuai dengan kriteria. Hasil siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan. Hasil pada siklus II yakni, persentase pencapaian pada skor meningkat menjadi 80% pada post test II subjek I, dan presentase pencapaian skor meningkat menjadi 88% pada post test II subjek II, dan siswa dapat melakukan tiap tahap dalam pembelajaran IPS melalui media lego dengan baik melalui bimbingan guru, dan hasilnya sesuai dengan kriteria. Hasil siklus II memenuhi indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu, hasil post test mencapai atau melampaui kriteria persentase pencapaian KKM sebesar 75, dan siswa dapat melakukan tiap tahap pembelajaran menggunakan media lego dengan baik melalui bimbingan guru, dan hasilnya sesuai dengan kriteria.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56860

Actions (login required)

View Item View Item