Efektivitas Problem Based Learning dan Teams Games Tournaments untuk Peningkatan Kompetensi Dasar Listrik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Damarwan, Eko Swi (2018) Efektivitas Problem Based Learning dan Teams Games Tournaments untuk Peningkatan Kompetensi Dasar Listrik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-swi-damarwan-15721251003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) gambaran dan efektivitas penggunaan Problem Based Learning dan Teams Games Tournaments untuk peningkatan kompetensi dasar listrik siswa SMK N 2 Yogyakarta dan (2) perbedaan pencapaian kompetensi dasar listrik siswa SMK N 2 Yogyakarta ditinjau dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif antara yang menggunakan Problem Based Learning, Teams Games Tournaments, dan Direct Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian TITL SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jumlah populasi sebanyak 124 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 90 siswa. Kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X TITL 3 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunkan pretest, posttest, observasi keterampilan, dan sikap siswa. Validitas instrument diukur melalui expert judgements dan reliabilitas dengan Spearman brown. Hasil perhitungan Spearman Brown diperoleh nilai 0,95. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-test, ANOVA satu jalur, dan uji lanjut Tukey dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran penggunaan Problem Based Learning dan Teams Games Tournaments untuk peningkatan kompetensi dasar listrik siswa lebih baik dari pada Direct Instruction; (2) penggunaan Problem Based Learning dan Teams Games Tournaments efektif untuk meningkatkan kompetensi dasar listrik siswa; (3) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi dasar listrik siswa ditinjau dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif antara yang menggunakan Problem Based Learning, Teams Games Tournaments, dan Direct Instruction; (4) hasil uji Tukey menunjukkan urutan pencapaian aspek kognitif dan psikomotorik dari yang terbaik adalah Teams Games Tournaments, Problem Based Learning, dan Direct Instruction; (5) hasil uji Tukey pada aspek afektif menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Problem Based Learning dan Teams Games Tournaments, tetapi kedua model tersebut lebih baik daripada Direct Instruction.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, teams games tournaments, kompetensi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 May 2018 05:12
Last Modified: 09 May 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56850

Actions (login required)

View Item View Item