PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGGEDANG KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2010-2011

Kurniasih, Dwi (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGGEDANG KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Kurniasih.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian expost facto artinya bahwa penyelidikan secara empiris yang sistematik, dimana peneliti tidak mempunyai kontrol langsung terhadap variabel-variabel bebas (independent variables) karena manifestasi fenomena telah terjadi, atau karena fenomena sukar dimanipulasikan. Pada expost facto, kontrol langsung tidak mungkin dikerjakan, baik secara manipulasi atau secara rondominasi. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Negeri 1 Karanggedang di kecamatan Karanganyar kabupaten Purbalingga. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kedua variabel dan seberapa sumbangan yang diberikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Karnggedang di kecamatan Karanganyar kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2010/2011. Dengan jumlah 26 siswa dan subyek yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100% yaitu sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup, data motivasi belajar diperoleh dari angket sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari nilai raport akhir semester, uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach’s. Uji hipotesis menggunakan regresi setelah uji asumsi yaitu uji normalitas dan linieritas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung regresi sebesar 3,421 dan nilai taraf signifikan 0,000 ( p < 5%). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Sumbangan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Negeri 1 Karanggedang di kecamatan Karanganyar kabupaten Purbalingga sebesar 32,8%. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, ilmu pengetahuan social

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item View Item