EFEKTIVITAS PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MENCARI RUTE TERPENDEK DISTRIBUSI LPG 12 KG PADA SUB AGEN PT. MIJIL LESTARI

Wulandari, Lilis and Fauzan, Muhammad (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MENCARI RUTE TERPENDEK DISTRIBUSI LPG 12 KG PADA SUB AGEN PT. MIJIL LESTARI. S1/D4 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penentuan rute yang optimal dengan memperhatikan kendala setiap kendaraan memiliki kapasitas tertentu. Masalah CVRP yang akan dibahas adalah menentukan rute pendistribusian LPG agar diperoleh rute pendistribusian terbaik atau meminimumkan total jarak tempuh kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah CVRP dengan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic dan Algoritma Genetika yang selanjutnya dilakukan analisis perbandingan untuk melihat algoritma yang lebih baik dalam menentukan rute optimum pendistribusian. Proses Algoritma Cheapest Insertion Heuristic dimulai dengan mencari lokasi yang akan dijadikan lokasi terakhir pendistribusian, kemudian mencari sisipan dari setiap lokasi baru yang menjadi bagian rute sampai kapasitas kendaraan terpenuhi. Sedangkan untuk menentukan rute terpendek menggunakan Algoritma Genetika dimulai dengan membangkitkan populasi awal, kemudian dihitung nilai fitness setiap individu. Individu pada populasi, diseleksi dengan menggunakan metode Roulette Wheel selection dan dilakukan crossover dengan metode order cross over. Generasi baru hasil crossover dikenai proses mutasi dengan metode swapping mutation. Proses terakhir yaitu menyusun populasi baru dan mengulangi proses seleksi, crossover, dan mutasi sampai dengan jumlah iterasi yang diinginkan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic, diperoleh 5 rute dengan total jarak tempuh kendaraan 213,16 km. Hasil yang diperoleh dari perhitungan menggunakan Algoritma Genetika diperoleh 6 rute dengan total jarak tempuh kendaraan 155,42 km. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa solusi yang dihasilkan Algoritma Genetika lebih baik dari segi jarak tempuh dalam menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Kata Kunci : Algoritma Cheapest Insertion Heuristic, Algoritma Genetika, CVRP, Pendistribusian LPG 12 kg.

Item Type: Thesis (S1/D4)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:01
Last Modified: 20 Sep 2023 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56834

Actions (login required)

View Item View Item