Wulandari, Lilis and Fauzan, Muhammad (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MENCARI RUTE TERPENDEK DISTRIBUSI LPG 12 KG PADA SUB AGEN PT. MIJIL LESTARI. S1/D4 thesis, UNY.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
Abstract
Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penentuan rute yang optimal dengan memperhatikan kendala setiap kendaraan memiliki kapasitas tertentu. Masalah CVRP yang akan dibahas adalah menentukan rute pendistribusian LPG agar diperoleh rute pendistribusian terbaik atau meminimumkan total jarak tempuh kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah CVRP dengan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic dan Algoritma Genetika yang selanjutnya dilakukan analisis perbandingan untuk melihat algoritma yang lebih baik dalam menentukan rute optimum pendistribusian. Proses Algoritma Cheapest Insertion Heuristic dimulai dengan mencari lokasi yang akan dijadikan lokasi terakhir pendistribusian, kemudian mencari sisipan dari setiap lokasi baru yang menjadi bagian rute sampai kapasitas kendaraan terpenuhi. Sedangkan untuk menentukan rute terpendek menggunakan Algoritma Genetika dimulai dengan membangkitkan populasi awal, kemudian dihitung nilai fitness setiap individu. Individu pada populasi, diseleksi dengan menggunakan metode Roulette Wheel selection dan dilakukan crossover dengan metode order cross over. Generasi baru hasil crossover dikenai proses mutasi dengan metode swapping mutation. Proses terakhir yaitu menyusun populasi baru dan mengulangi proses seleksi, crossover, dan mutasi sampai dengan jumlah iterasi yang diinginkan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic, diperoleh 5 rute dengan total jarak tempuh kendaraan 213,16 km. Hasil yang diperoleh dari perhitungan menggunakan Algoritma Genetika diperoleh 6 rute dengan total jarak tempuh kendaraan 155,42 km. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa solusi yang dihasilkan Algoritma Genetika lebih baik dari segi jarak tempuh dalam menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Kata Kunci : Algoritma Cheapest Insertion Heuristic, Algoritma Genetika, CVRP, Pendistribusian LPG 12 kg.
Item Type: | Thesis (S1/D4) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:01 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |