PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN GUIDED INQUIRY YANG MENGACU PADA LEARNING TRAJECTORY YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII

Kurniawati, Viani and Rizkianto, Ilham (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN GUIDED INQUIRY YANG MENGACU PADA LEARNING TRAJECTORY YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), berbasis pendekatan guided inquiry yang mengacu pada learning trajectory yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menekankan pada pemberian fasilitas bagi siswa agar dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap-tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajran berbasis pendekatan guided inquiry yang mengacu learning trajectory. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, serta tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah RPP dan LKS berbasis pendekatan guided inquiry yang mengacu learning trajectory. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan, RPP memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor 4,13 pada skala 5, sedangkan LKS memenuhi kriteria sangat valid dengan perolehan skor 4,22 pada skala 5. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan perolehan skor angket respon siswa 3,38 pada skala 4 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 97%. Berdasarkan penilaian keefektifan dari tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh nilai rata-rata ketercapaian kemampuan pemecahan masalah 77,88 dan siswa yang mencapai kemampuan pemecahan masalah minimal pada kategori baik sebesar 84,38%. Keefektifan perangkat pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah didukung dengan one sample t-test serta uji z dengan taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: perangkat pembelajaran, guided inquiry, learning trajectory, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56833

Actions (login required)

View Item View Item