PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA ASLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANEMBAHAN KRATON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Ratnapuri, Desi Dwi (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA ASLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANEMBAHAN KRATON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desi Dwi Ratnapuri.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media benda asli terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Panembahan Kraton Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group yang dilakukan sebanyak enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 50 siswa kelas IV SD Negeri Panembahan dengan rincian 25 siswa kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dengan treatment menggunakan media benda asli dan 25 siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol dengan treatment menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Uji validasi instrumen dilakukan dengan cara validatas isi, untuk melihat kesesuaian isi instrumen dengan pertimbangan ahli atau expert judgement dan validasi konstrak dengan melakukan uji coba instrumen pada 30 siswa dengan karateristik yang hampir sama dengan subjek penelitian. Kemudian data dihitung dengan bantuan SPSS diperoleh nilai reliabilitasnya sebesar 0,879 sehingga diperoleh instrument yang valid sebanyak 25 butir soal. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan media benda asli lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPA dibandingkan dengan penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Ditunjukkan pada nilai rerata prestasi belajar IPA kelompok eksperimen mempunyai rerata awal sebesar 62,56 dan nilai rerata akhir sebesar 84,32. Sedangkan siswa pada kelompok kontrol mempunyai nilai rerata awal sebesar 59,84 dan nilai rerata akhir sebesar 73,92. Hasil analisis data uji-t diperoleh t-hitung sebesar 3,347 dan nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df) = 48 sebasar 2,010. Dengan demikian t-hitung > t-tabel. Artinya bahwa penggunaan media benda asli lebih berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Kata kunci : media benda asli, prestasi belajar IPA, eksperimen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5683

Actions (login required)

View Item View Item