UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN

Windriana, Widya (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Widya Windriana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri 1 Prambanan melalui metode pembelajaran quantum writing pada siswa kelas V SD Negeri 1 Prambanan, Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Prambanan Kabupaten Klaten yang berjumlah 38 siswa, yakni 22 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Prambanan melalui metode quantum writing. Hal ini ditunjukan dengan pencapaian nilai rata-rata kelas saat menulis karangan narasi meningkat dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata menulis karangan narasi pada pra tindakan sebesar 68,89 menjadi 75,68 pada siklus I dan mencapai 80,95 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam menulis karangan narasi meningkat dari kondisi awal 44,74% menjadi 68,42% pada siklus I dan menjadi 84,21% pada siklus II. Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode quantum writing dilakukan dengan tahap-tahap pembelajaran seperti: penyampaian materi oleh guru, persiapan menulis, membuat draft/kerangka karangan, berbagi hasil tulisan dengan teman, memperbaiki kesalahan penulisan, menyunting hasil tulisan, menulis kembali karangan, serta guru bersama siswa melakukan evaluasi pada karangan narasi yang telah dihasilkan. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, siswa kelas V SD, metode pembelajaran quantum writing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56824

Actions (login required)

View Item View Item