PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SD N PURO PAKUALAMAN I YOGYAKARTA

Rosidah, Ulfa Khoirotul (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SD N PURO PAKUALAMAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ulfa Khoirotul Rosidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter mandiri dalam kegiatan ekstrakurikuler panahan di SD N Puro Pakualaman I Yogyakarta. Karakter mandiri merupakan salah satu nilai karakter prioritas gerakan PPK Pemerintah. Mandiri menunjukkan sikap dan perilaku individu atas dasar inisiatif dan kemampuan sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi PLH dan komite sekolah, pelatih, dan siswa anggota ekstrakurikuler panahan. Objek penelitian yaitu kegiatan latihan ekstrakurikuler panahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan pendidikan karakter mandiri dilakukan pelatih melalui pengenalan (terintegrasi pada teknik dan aturan panahan), menumbuhkan kesadaran (pemberian dukungan dan masukan positif), dan tahap pembiasaan perilaku mandiri yaitu bersaing (upaya mengenai target, aturan scoring dan penggunaan jumlah anak panah), mengambil keputusan (membidik dan evaluasi hasil tembakan), percaya diri (memanah tanpa keraguan), dan tanggung jawab (pemanasan, menyiapkan alat, pengambilan anak panah, menjaga keselamatan diri, serta merapikan alat). (2) Proses mewujudkan pendidikan karakter mandiri menggunakan strategi inkulkasi nilai, pembinaan dan pembiasaan, keteladanan, pengembangan keterampilan, dan fasilitasi. (3) Faktor pendukung terdiri dari peran sekolah dan komite, ketersediaan sarana prasarana, dukungan dari dalam diri siswa, dan dukungan dari orang-orang di sekitar siswa saat kegiatan latihan. Faktor penghambat berupa kondisi sarana dan kebiasaan perilaku siswa yang kurang sesuai. (4) Adanya pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan ekstrakurikuler panahan dapat berdampak positif bagi siswa maupun sekolah. Kata kunci: pendidikan karakter mandiri, ekstrakurikuler panahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:53
Last Modified: 30 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56822

Actions (login required)

View Item View Item