MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA YANG MELIBATKAN UANG MELALUI PENERAPAN PMR DI KELAS IV SDN 1 SELAKAMBANG

Budi, Aris Setia (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA YANG MELIBATKAN UANG MELALUI PENERAPAN PMR DI KELAS IV SDN 1 SELAKAMBANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aris Setia Budi.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Selakambang melalui penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi memecahkan masalah matematika yang melibatkan uang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD N 1 Selakambang. Penelitian tersebut menggunakan model alur yang tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari soal pre test, post test, lembar observasi terhadap pelaksana tindakan, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data hasil tes dan observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dan hasil wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data hasil tes dihitung nilai rata-rata kelasnya, sedangkan data hasil observasi selama satu siklus dihitung skor yang diperoleh kemudian dicari Mean nya dan disimpulkan dengan kriteria penilaian observasi. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan oleh peneliti adalah nilai rata-rata kelas minimal 80 dari nilai maksimum 100, dan jumlah siswa yang mampu mencapai KKM ≥ 60 sebanyak 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMR dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 38,83, dari 33,11 menjadi 71,94. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,08, dari 71,94 menjadi 82,02. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 34 siswa atau 97,1% dengan jumlah siswa 35, dari 1 siswa atau 2,9% menjadi 35 siswa atau 100%. Dari siklus I ke siklus II, ketuntasan belajar siswa tetap bertahan pada 100%. Peningkatan juga terjadi pada proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh hasil observasi terhadap pelaksana tindakan, yaitu dari kategori “baik” pada siklus I, menjadi “sangat baik” pada siklus II. Hasil wawancara pascatindakan dengan guru kelas IV diperoleh tanggapan bahwa guru setuju dengan penerapan PMR dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : prestasi belajar siswa, pendidikan matematika realistik, memecahkan masalah matematika yang melibatkan uang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item