INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARER KELAS III DI SD NEGERI JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO

Susilowati, Hermin (2018) INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARER KELAS III DI SD NEGERI JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
HERMIN SUSILOWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa slow learner kelas III di SD Negeri Jlaban, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo. Interaksi sosial yang dimaksud meliputi bentuk-bentuk interaksi sosial dalam kerja sama, persaingan, akomodasi, kontravensi, pertentangan, bergabung dalam kelompok bermain, dan berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang siswa slow learner kelas III di SD Negeri Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III, guru olahraga, guru pembimbing khusus, dan enam teman siswa slow learner. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan perpanjangan penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa slow learner seperti berikut ini: (1) siswa slow learner menunjukkan bentuk kerja sama yang baik dalam membantu teman dan melaksanakan piker kelas, sedangkan kerja sama kurang baik ditunjukkan dalam mengerjakan tugas kelompok, (2) siswa slow learner memiliki persaingan yang rendah dalam hal memperoleh nilai yang baik, akan tetapi menunjukkan persaingan untuk mencari perhatian guru dengan melakukan hal di luar kebiasaan, (3)siswa slow learner menunjukkan bentuk akomodasi dengan tidak mengganggu siswa lain ketika beribadah, tidak memilih-milih teman, dan tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, (4) siswa slow learner menunjukkan bentuk kontravensi dengan mengabaikan kritik dan ejekan siswa lain serta memberikan kritik atau komentar kepada siswa lain, (5) siswa slow learner menunjukkan bentuk pertentangan dengan jarang berkelahi dan jarang mengejek teman, (6) siswa slow learner ikut bergabung dalam kelompok bermain, akan tetapi hanya berperan aktif dalam permainan bersama siswa kelas rendah dan siswa perempuan, (7) siswa slow learner berkomunikasi dengan orang lain dengan menyatakan gagasannya melalui bercerita, bercanda, dan bertanya, serta menanggapi ketika diajak berbicara oleh orang lain. Kata Kunci: interaksi sosial, siswa slow learner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2018 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56808

Actions (login required)

View Item View Item