PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI KOTAGEDE 1 YOGYAKARTA

Haryanto, Haryanto (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI KOTAGEDE 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Haryanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran menulis permulaan melalui metode resitasi, dan (2) meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode resitasi pada siswa kelas II B SD Negeri Kotagede 1, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIB SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi rating berskala dan soal tes menulis permulaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis permulaan. Upaya meningkatkan proses pembelajaran menulis permulaan dilakukan dengan melakukan observasi terhadap aktivitas siswa dan guru sebagai refleksi dan perbaikan. Peningkatan dapat dilihat dari skor observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 57,5 menjadi 81,67 pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 24,17. Skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 60,56 menjadi 81,11 pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 20,55. Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis permulaan siswa. Upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode resitasi dilakukan dengan memberikan penugasan yang bervariasi kepada siswa. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan tes menulis. Peningkatan kemampuan menulis permulaan dapat dilihat dari rerata nilai kemampuan menulis permulaan siswa pada pratindakan sebesar 63,65 menjadi 66,03 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 2,38 dan pada siklus II rerata nilai kemampuan menulis permulaan siswa sebesar 75,08 sehingga mengalami peningkatan sebesar 9,05. Kata kunci: kemampuan menulis permulaan, metode resitasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2018 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56805

Actions (login required)

View Item View Item