UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD N 3 SOMOPURO, JOGONALAN, KLATEN

Cahyaningsih, Haprilia (2018) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD N 3 SOMOPURO, JOGONALAN, KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
HAPRILIA CAHYANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik melalui metode role playing pada siswa kelas IV SD N 3 Somopuro. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Somopuro, Jogonalan, Klaten. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa dan objeknya adalah pembelajaran tematik kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode role playing pada pembelajaran tematik, terdapat peningkatan karakter tanggung jawab pada diri siswa. Peningkatan karakter tanggung jawab ini dapat dilihat dari hasil angket. Berdasarkan angket pada siklus 1 setelah menggungakan metode role playing, nilai rata-rata siswa yang semula 74,93 meningkat menjadi 77,8 dengan kategori bertanggung jawab. Pada siklus 2, dengan adanya perbaikan pada siklus 1, diperoleh nilai rata-rata 83,9 dengan kategori sangat bertanggung jawab. Kata kunci : karakter tanggung jawab, role playing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56804

Actions (login required)

View Item View Item