KEMANDIRAN BELAJAR ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI 1 NGULAKAN, PENGASIH, KULON PROGO

Rahayu, Esti (2018) KEMANDIRAN BELAJAR ANAK TUNADAKSA DI SD NEGERI 1 NGULAKAN, PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
ESTI RAHAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemandirian belajar anak tunadaksa di SD Negeri 1 Ngulakan, Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian anak tunadaksa di kelas II SD Negeri 1 Ngulakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AN memiliki kemandirian belajar dalam aktivitas pembelajaran di sekolah. Kemandirian belajar AN dijabarkan sebagai berikut: 1) memiliki motivasi belajar mandiri ditunjukkan dengan menyiapkan buku pelajaran secara mandiri, memperhatikan guru dan memanfaatkan waktu luang untuk belajar; 2) memiliki kepercayaan diri ditunjukkan dengan berani bertanya saat tidak paham, berani menjawab pertanyaan guru maupun teman, berani mengungkapkan pendapat; 3) memiliki tanggung jawab ditunjukkan terkait aturan belajar, ia tidak bergurau saat pembelajaran bahkan ketika guru tidak di kelas; 4) memiliki hasrat untuk bersaing ditunjukkan dengan munculnya rasa ingin tahu, sikap tekun dan giat dalam belajar, tidak mudah menyerah meskipun kesulitan; 5) AN memanfaatkan sumber belajar berupa buku LKS, menggunakan media sempoa untuk berhitung, berdiskusi bersama temannya dalam kegiatan kelompok. 6) Evaluasi belajar AN ditunjukkan dengan mengikuti pembelajaran seperti anak lainnya, hsil belajar rata-rata kelas. hambatan AN sebagai tunadaksa dalam mencapai kemandirian belajar di SD N 1 Ngulakan antara lain: 1) sikap orang tua yang masih overprotektif terhadap AN, 2) fasilitas sekolah yang belum disesuaikan dengan kebutuhan AN, 3) sikap kasihan yang ditunjukkan oleh beberapa teman AN. Kata kunci: Kemandirian belajar, anak tunadaksa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56802

Actions (login required)

View Item View Item