PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI SUKOMULYO SLEMAN

Falah, Anisak Nur (2018) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI SUKOMULYO SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anisak Nur Falah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukomulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukomulyo yang terdiri dari delapan siswa laki-laki dan tiga belas siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukomulyo pada mata pelajaran PKn. Skor rata-rata keaktifan belajar pra tindakan sebesar 48,15 meningkat menjadi 60,52 pada siklus I dan 75,66 pada siklus II. Persentase keaktifan belajar PKn pra tindakan sebesar 28,57%, meningkat menjadi 71,43% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT), keaktifan belajar, PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:18
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56798

Actions (login required)

View Item View Item