UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANARAN CANGKRINGAN SLEMAN

Riyanti, Anisa Gina (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANARAN CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anisa Gina Riyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui media flashcard pada siswa kelas III SD Negeri Banaran Cangkringan Sleman. Melalui penggunaan media ini, siswa dapat lebih paham materi pecahan dan lebih antusias mengikuti pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang biasa disebut dengan PTK. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kolaboratif, yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas untuk mengkaji permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Banaran Cangkringan Sleman melalui penggunaan media flashcard. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018, bulan Januari sampai dengan bulan Februari. Subjek penelitian ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari siswa perempuan 7 orang dan siswa laki-laki 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Banaran. Sebelum adanya tindakan, nilai rata-rata siswa hanya 57 dengan persentase ketuntasan hanya 10%. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa menjadi 74 dengan persentase ketuntasan mencapai 65%. Pada siklus II, pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media flashcard dapat meningkatkan rata-rata nilai siswa menjadi 82 dan persentase ketuntasan mencapai 95%. Dengan demikian, hasil penelitian ini telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu ≥ 75% dari jumlah keseluruhan siswa kelas III mencapai nilai KKM 68. Hasil penelitian ini sebagai masukan bagi guru yang akan mengajar materi pecahan pada pembelajaran matematika. Kata kunci: media flashcard, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Apr 2018 06:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56797

Actions (login required)

View Item View Item