COST REPORT ANALYSIS PADA MATERIAL DAN PROSES MANUFAKTUR FRAME KENDARAAN FORMULA GARUDA 2016 (FG16) GARUDA UNY RACING TEAM (Sebagai Pengembangan Materi Mata Kuliah Manajemen Industri Otomotif)

Deni, Restu Widodo (2018) COST REPORT ANALYSIS PADA MATERIAL DAN PROSES MANUFAKTUR FRAME KENDARAAN FORMULA GARUDA 2016 (FG16) GARUDA UNY RACING TEAM (Sebagai Pengembangan Materi Mata Kuliah Manajemen Industri Otomotif). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
a. Naskah Skripsi_Deni Restu Widodo_14504241011.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa cost report khususnya dalam biaya material dan biaya proses manufaktur frame kendaraan Formula Garuda 2016 (FG16) Garuda UNY Racing Team. Analisa terfokus pada besar kontribusi biaya material dan biaya proses manufaktur frame kendaraan FG16 terhadap total cost report serta sebagai pengembangan materi mata kuliah Manajemen Industri Otomotif. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di workshop dan basecamp Garuda UNY Racing Team dengan objek berupa frame kendaraan FG16 dan FG15. Pengambilan data dengan pengamatan & mencatat hasil data. Terdapat 3 tahap penelitian yaitu perhitungan biaya berdasarkan jenis, ukuran material dan proses pembuatan frame FG16, kedua adalah perhitungan prosentase kontribusi biaya material dan proses manufaktur frame FG16 terhadap cost report FG16, ketiga adalah analisa peran pembuatan cost report dalam kompetensi abad 21 serta dalam pengembangan mata kuliah Manajemen Industri Otomotif. Hasil biaya material dan biaya proses manufaktur frame kendaraan FG16 dianalisa tingkat kontribusinya terhadap total cost report dan peran pembuatan cost report dalam kompetensi abad 21 serta dalam pengembangan mata kuliah Manajemen Industri Otomotif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, kontribusi biaya material frame FG16 terhadap cost report FG16 sebesar 0.92%, kontribusi biaya proses manufaktur frame FG16 terhadap cost report FG16 sebesar 5.89%, dan pembuatan dokumen cost report merupakan salah satu bentuk keterampilan abad 21 dan dapat digunakan sebagai bentuk pengembangan materi mata kuliah Manajemen Industri Otomotif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: material, proses manufaktur, cost report, frame, pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 May 2018 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56792

Actions (login required)

View Item View Item