Handoko, Agus Dwi (2012) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI GEDONGKIWO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Agus Dwi Handoko.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pola asuh orangtua di lingkungan keluarga pada siswa kelas V Semester 1 SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2011/2012, mengetahui bagaimana pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas V Semester 1 SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2011/2012, dan mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V semester 1 SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variable terikat prestasi belajar matematika dan variabel bebasnya adalah pola asuh orangtua. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gedongkiwo, yang berjumlah 52 siswa, dan terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 25 siswa kelas VB. Pengumpulan data diambil melalui metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orangtua, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variable prestasi belajar matematika siswa. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment diperoleh 26 butir soal yang valid dan 4 butir soal yang tidak valid, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh nilai koefisien Alpha sebesar 0,950 dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas diperoleh nilai signifikan untuk variable pola asuh orangtua sebesar 0,337 sedangkan untuk prestasi belajar matematika nilai signifikansinya sebesar 0,111 dan uji linieritas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,980. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh orangtua siswa kelas V SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2011/2012 termasuk ke dalam kategori cukup baik, prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2011/2012 termasuk dalam kategori cukup baik, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas V semester 1 SD Negeri Gedongkiwo tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar dari harga r tabel dengan N=52 pada taraf signifikansi 5%, yaitu 0,389>0,181 termasuk ke dalam kategori rendah. Kata kunci: pola asuh orangtua, prestasi belajar matematika, siswa kelas V
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 08:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5679 |
Actions (login required)
View Item |