PENGEMBANGAN TOKIJO (TOKOH KIMIA JAWA SEBAGAI MEDIA BERBASIS INDIGENOUS CHEMISTRY KNOWLEDGE UNTUK MEMBELAJARKAN LITERASI KIMIA ASPEK KONTEKS BAGI SISWA SMA PADA MATERI UNSUR LOGAM TRANSISI PERIODE IV

Wardah, Annisa Chiyarotul (2018) PENGEMBANGAN TOKIJO (TOKOH KIMIA JAWA SEBAGAI MEDIA BERBASIS INDIGENOUS CHEMISTRY KNOWLEDGE UNTUK MEMBELAJARKAN LITERASI KIMIA ASPEK KONTEKS BAGI SISWA SMA PADA MATERI UNSUR LOGAM TRANSISI PERIODE IV. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Annisa Chiyarotul Wardah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran yang bermuatan literasi kimia aspek konteks pada materi unsur logam transisi periode IV; 2) menentukan bentuk representasi media TOKIJO (Tokoh Kimia Jawa) berbasis indigenous knowledge yang dapat membelajarkan literasi kimia aspek konteks pada materi unsur logam transisi periode IV; 3) menganalisis kualitas media TOKIJO berbasis indigenous knowledge untuk membelajarkan literasi kimia aspek konteks pada materi unsure logam transisi periode IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Design Based Research yang terdiri dari enam tahap, yaitu fokus pada masalah, memahami masalah, mendefinisikan tujuan, mengonsep langkah penyelesaian, mengembangkan solusi, dan menguji solusi. Penentuan tujuan diperoleh melalui analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran yang bermuatan literasi kimia aspek konteks dengan menggunakan angket need assessment. Dari data analisis tersebut, diperoleh konsep untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran TOKIJO. Proses pengembangan TOKIJO melalui expert judgement para ahli dengan menggunakan lembar masukan berbentuk kolom terbuka.. Kualitas dan feasibilitas TOKIJO sebagai media berbasis indigenous knowledge yang berbentuk tokoh (karakter) kimia Jawa untuk membelajarkan literasi kimia aspek konteks dinilai menggunakan lembar penilaian berbentuk checklist. Data hasil penilaian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari reviewer, kemudian data tersebut dinyatakan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran TOKIJO berbasis indigenous knowledge yang berbentuk mug sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran yang bermuatan literasi kimia aspek konteks pada materi unsur logam transisi periode IV. Berdasarkan penilaian reviewer, media pembelajaran TOKIJO termasuk dalam kategori kualitas sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:18
Last Modified: 30 Jan 2019 16:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56781

Actions (login required)

View Item View Item