Nisfu Lailatul Fitri, Nisfu (2018) PENGARUH PENYESUAIAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP IT IHSANUL FIKRI KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Nisfu Lailatul Fitri-13104241001.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenaikan minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah asrama agar memiliki anak yang tidak hanya padai secara akademik tetapi juga pandai secara agamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi akademik, penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik, dan pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa di sekolah asrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang dengan latar belakang sebagai siswa yang baru menghadapi sekolah asrama dengan jumlah 135 siswa. Instrumen pengumpul data berupa skala penyesuaian diri, skala penyesuaian sosial, dan nilai rapor. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruksi dengan expert judgment. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Crocbach, sehingga diperoleh nilai koefisien α untuk instrumen penyesuaian diri sebesar 0,857 dan untuk instrumen penyesuaian sosial sebesar 0,901. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi berganda dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel penyesuaian diri terhadap prestasi akademik dengan nilai p (probabilitas) 0,028 <0,05, terdapat pengaruh penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik dengan nilai p (probabilitas) 0,000 <0,05, dan ada pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa dengan nilai p (probabilitas) 0,000 <0,05. Kata kunci:penyesuaian diri, penyesuaian sosial, prestasi akademik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 06:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56780 |
Actions (login required)
View Item |