Christine Aristy, Christine (2018) HUBUNGAN ANTARA GAME ONLINE CLASH OF CLANS (COC)DENGAN TINGKAT KREATIVITAS PADA SISWA SMP N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Skripsi_Christine Aristy_13104241064.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara game online coc dengan tingkat kreativitas pada siswa SMP N 6 Yogyakarta, serta seberapa besar tingkat kreativitas siswa SMP N 6 Yogyakarta yang dipengaruhi game online coc. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMP N 6 Yogyakarta sebanyak 710 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 238 orang menggunakan perhitungan Isaac dan Michael, dengan taraf kesalahan 5%, sampel ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan skala sikap dengan uji expert judgement dan validitas konstruk, hasil uji validitas menyatakan jumlah butir item valid pada variabel game online sejumlah 19 butir dan variabel kreativitas sejumlah 21 butir, reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach dengan hasil 0,907 pada variabel game online dan 0,888 pada variabel kreativitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS versi 24.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel game online coc sebagian besar siswa(55%) termasuk kategori “tinggi”, dengan nilai mean (M) sebesar 59,54; Median(Me) sebesar 59,00; Modus (Mo) sebesar 61. Dan pada variabel kreativitas sebagian besar siswa (51%) termasuk kategori “tinggi” dengan nilai mean (M) sebesar 64,84; Median (Me) sebesar 64,00; Modus (Mo) sebesar 68. Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat hubungan positif antara game online coc dan kreativitas pada siswa SMP N 6 Yogyakarta yang dilihat dari nilai h > nilai yaitu 0,375 > 0,113 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. kata kunci: game online coc, kreativitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 06:12 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |