HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN KEPERCAYAAN MELAKUKAN KONSELING INDIVIDUAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MANGUNJAYA

Hanifa Amalia Barokah, Hanifa (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN KEPERCAYAAN MELAKUKAN KONSELING INDIVIDUAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MANGUNJAYA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Hanifa Amalia Barokah_13104241043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan persepsi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dengan kepercayaan melakukan konseling individual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Mangunjaya. Instrumen pengambilan data menggunakan skala sikap dengan uji valditas konstruk dengan expert judgement, reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,767 pada variabel persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dan 0,792 pada variabel kepercayaan melakukan konseling individual. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dan kepercayaan melakukan konseling individual yang dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaan melakukan konseling individual. kata kunci : persepsi, kinerja, guru bimbingan dan konseling, kepercayaan, konseling.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56778

Actions (login required)

View Item View Item