PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA

Rachmawati, Dwita (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) kemampuan bepikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik; (2) motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M; (3) motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model STM; dan (4) motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model 5M. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan posttest design only untuk kemampuan berpikir kritis dan pretest-posttest control group design untuk motivasi yang terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran, variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis dan motivasi serta kovariat berupa pengetahuan awal. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI MIA SMAN 1 Godean pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 192 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STM dan kelas kontrol menggunakan pembelajran 5M. Teknik pengumpulan data melalui teknik angket, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah angket motivasi, soal kemampuan berpikir kritis, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji Ancova dengan taraf signifikansi 5% dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal (1) kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik (2) motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M (3) motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model STM (4) motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model 5M pada materi pembelajaran Larutan Penyangga di SMAN 1 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56776

Actions (login required)

View Item View Item