PENGARUH KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP MINAT MENJADI KONSELOR SEBAYA DI PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN MAGELANG

Khilsa Azkania, Khilsa (2018) PENGARUH KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP MINAT MENJADI KONSELOR SEBAYA DI PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
13104241028 - Khilsa Azkania - Tugas Akhir Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan intrapersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya, untuk mengetahui pengaruh kemampuan interpersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya, dan untuk mengetahui pengaruh kemampuan intrapersonal dan interpersonal secara bersama-sama terhadap minat menjadi konselor sebaya di Pusat Informasi dan Konseling Remaja tingkat SMP Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah konselor sebaya di PIKR tingkat SMP Kabupaten Magelang yang berjumlah 151 konselor sebaya. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala kemampuan intrapersonal, skala kemampuan interpersonal dan skala minat menjadi konselor sebaya. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruksi. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba reliabilitas instrumen mendapaatkan nilai 0,892 untuk skala kemampuan intrapersonal, 0,783 untuk skala kemampuan interpersonal dan 0,863 pada skala minat menjadi konselor sebaya. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi berganda dengan nilai signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan intrapersonal mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi konselor sebaya, (2) kemampuan interpersonal mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi konselor sebaya, (3) kemampuan intrapersonal dan interpersonal mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi konselor sebaya. Kata kunci: kemampuan intrapersonal, kemampuan interpersonal, minat menjadi konselor sebaya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56771

Actions (login required)

View Item View Item