PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP COPING STRES PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Ruzaina, Ruzaina (2018) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP COPING STRES PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
RUZAINA_12104241076.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan spiritual terhadap coping stres siswa, (2) kecerdasan spiritual siswa, (3) coping stres siswa kelas VIII Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta pada bulan Februari 2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang berjumlah 188 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah 77 siswa. Alat pengumpul data berupa skala kecerdasan spiritual dan coping stres. Uji validitas instrumen menggunakan validitas empirik. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana pada uji hipotesis dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kecerdasan spiritual terhadap coping stres pada siswa dengan sumbangan efektif sebesar 48,8%, dan 34,8%, (2) kecerdasan spiritual siswa mayoritas pada kategori tinggi yaitu sebanyak 48 siswa (62%.) dan, (3) coping stres siswa untuk problem focused coping dan emotional focused coping terkategori sedang yaitu 67 siswa (84,03%) dan 41 siswa (53%). Persamaan garis regresinya adalah Y = -5,926 + 0,781 X dan Y= -5,491 + 0,767X. Kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan spiritual dapat memprediksi coping stres pada siswa. Kata kunci: kecerdasan spiritual, coping stres

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56769

Actions (login required)

View Item View Item