PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEBAGAI APLIKASI REKOMENDASI PEMILIHAN BEASISWA DI PERGURUAN TINGGI

Nugroho, Deni Kurnianto (2018) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEBAGAI APLIKASI REKOMENDASI PEMILIHAN BEASISWA DI PERGURUAN TINGGI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
6. Naskah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan sistem yang dapat menyediakan data beasiswa dan memberikan rekomendasi beasiswa berdasarkan kemampuan mahasiswa. (2) Menjamin sistem yang dikembangkan memberikan rekomendasi yang tepat sesuai kemampuan mahasiswa dengan cara menguji hasil rekomendasi sistem terhadap kemampuan akademik, organisasi, dan prestasi mahasiswa. Desain penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) serta prosedur yang digunakan dalam pengembangan sistem rekomendasi beasiswa ini menggunakan prosedur pengembangan Extreme Programming (XP) dengan 4 tahapan yaitu planning, design, coding, dan testing. Pengujian rekomendasi yang dilakukan yaitu menggunakan panduan confusion matrix yang menguji 7 aspek di antaranya accurary, recall, precision, prevalence, error rate, false positive rate, dan specificity. Sedangkan untuk pengujian fungsionalitas sistem menggunakan instrumen functional suitability ISO/IEC 25010:2011. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: (1) sistem rekomendasi pemilihan beasiswa di perguruan tinggi menghasilkan rekomendasi dengan metode content-based recommendation dengan pembobotan term frequency – inverse document frequency. (2) Pengujian ketepatan hasil rekomendasi mendapatkan tingkat keberhasilan sebesar 100%. (3) Hasil pengujian functional suitability menghasilkan tingkat keberhasilan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem, beasiswa, rekomendasi, confusion matrix, extreme programming, research and development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 May 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56755

Actions (login required)

View Item View Item