TINGKAT FLEKSIBILITAS SISWA TUNAGRAHITA RINGAN, TUNAGRAHITA SEDANG DAN DOWN SYNDROME KELAS 3, 4 DAN 5 DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Hasanah, Milsa Nur (2018) TINGKAT FLEKSIBILITAS SISWA TUNAGRAHITA RINGAN, TUNAGRAHITA SEDANG DAN DOWN SYNDROME KELAS 3, 4 DAN 5 DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Milsa Nur Hasanah_14603141102.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SLB Negeri 1 Bantul dengan jumlah siswa 324. Teknik pengambilan dengan menggunakan purposive sampling yaitu siswa tunagrahita ringan, tunagrahita sedang dan down syndrome kelas 3, 4, dan 5 berjumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode survei. Pengukuran tingkat fleksibilitas siswa tunagrahita ringan, tunagrahita sedang dan down syndrome menggunakan instrumen bench sit and reach yang dilengkapi dengan penggaris atau skala. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan sebanyak 18 siswa, tunagrahita sedang sebanyak 10 siswa dan down syndrom sebanyak 6 siswa, yaitu 25 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik analisis penelitian adalah deskriptif dan uji-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat fleksibilitas siswa tunagrahita ringan adalah sedang dengan pertimbangan rerata sebesar 24,81. Tingkat fleksibilitas siswa tunagrahita sedang adalah sedang dengan pertimbangan rerata sebesar 25,60. Tingkat fleksibilitas siswa down syndrome adalah kurang dengan pertimbangan rerata sebesar 22,75. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan fleksibilitas siswa tunagrahita ringan, tunagragita sedang dan down syndrome di SLB Negeri 1 Bantul dengan besar nilai signifikansi probability 0,686.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fleksibilitas, tunagrahita, down syndrome
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56750

Actions (login required)

View Item View Item