Karakteristik Sabun Herbal Berbahan Aktif Minyak Jarak dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri terhadap Escherichia coli

Ngaisah, Siti (2018) Karakteristik Sabun Herbal Berbahan Aktif Minyak Jarak dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri terhadap Escherichia coli. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SITI NGAISAH 14307141020.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Sabun merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Salah satu upaya untuk menjaga tetap bersih dan sehat adalah membersihkan seluruh anggota badan secara teratur dengan sabun mandi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sabun mandi padat yang memenuhi kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI) dan uji aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli. Pembuatan sabun mandi diawali dengan mereaksikan minyak nabati dengan NaOH. Minyak nabati yang digunakan yakni minyak sawit, virgin coconut oil, minyak zaitun dan untuk bahan aktif yang digunakan sebagai antibakteri yakni minyak jarak.Sabun mandi padat yang dihasilkan kemudian diuji kualitasnya menurut SNI No. 3532-2016. Uji aktivitas antibakteri dilakukan terhadap bakteri Escherichia coli dengan metode difusi disk. Hasil uji kualitas sabun mandi adalah sebagai berikut untuk kadar air 1,162%, jumlah total lemak91,725%, alkali bebas 0,012%, bahan tidak larut dalam etanol 2,6% dan lemak tidak tersabunkan diperoleh sebesar 0,006 % sedangkan untuk kadar klorida 1,463%. Aktivitas antibakteri Escherichia coli menunjukan bahwa sabun antibakteri berbahan aktif minyak jarak menujukan aktif terhadap bakteri Escherichia coli dengan diameter zona hambat optimum pada konsentrasi 2,5% pada jam ke 6 yaitu 28,58 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2018 04:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56746

Actions (login required)

View Item View Item