PENGGUNAAN MISTAR KARET GELANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN TEKNIK LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Nudia, Kisti Bela Dina (2018) PENGGUNAAN MISTAR KARET GELANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN TEKNIK LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Kisti Bela Dina Nudia_14601241094.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan teknik dasar lompat tinggi gaya straddle melalui mistar karet gelang bagi siswa kelas VIII G SMP N 1 Matesih dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan analisis/refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah pengamatan menggunakan lembar observasi siswa, hasil tes siswa dan dokumentasi. Teknik analasis data menggunakan analisis interaktif yaitu dengan menyeleksi data yang telah diperoleh, kemudian data yang telah diseleksi dianalisis hingga kemudian dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh hasil bahwa pembelajaran lompat tinggi gaya straddle dengan menggunakan mistar karet gelang dapat meningkatkan penguasaan teknik lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Matesih. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya hasil dari pertemuan pertama sebanyak 18 siswa atau 50% dari 36 siswa yang telah mencapai nilai KKM, Pada pertemuan diperoleh hasil yang sama dari peneliti dan kolaborator yaitu 31 siswa dari 36 siswa atau 86% yang telah mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lompat tinggi, karet gelang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56731

Actions (login required)

View Item View Item