LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Nur Septiani, Vincentia (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
VINCENTIA NUR SEPTIANI_PENDIDIKAN AKUNTANSI_14803244004.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik merupakan wahana untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang akan digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Diharapkan dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini mahasiswa peserta PLT mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang profesional. Selain itu, mahasiswa PLT juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas negeri Yogyakarta pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1 nomor 5 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari kegiatan observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas X Akuntansi 1 dengan mata pelajaran Akuntansi dengan siswa berjumlah 27 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 30 kali selama waktu pelaksanaan PPL dari 4 kali mengajar setiap minggunya. Metode mengajar yang diterapkan juga berdasarkan teori yang telah di peroleh selama perkuliahan dan disesuaikan dengan lapangan dari hasil observasi yang sebelumnya telah dilakukan. Selama proses pelaksanaan juga didampingi oleh Guru Pembimbing Lapangan untuk setiap permasalahan yang dihadapi. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) tidak terpaku pada kegiatan praktik mengajar saja, namun terdapat program lainnya seperti penyusunan perangkat administrasi guru, serta piket guru. Secara umum kegiatan PLT sudah berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat terlaksana dengan lancar. Dari pelaksanaan PLT yang selama dua bulan di SMK Koperasi Yogyakarta, mahasiswa PLT mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti dapat menerapkan viii ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Akuntansi, pemahaman tentang karakteristik siswa, pemahaman tentang lingkungan sekolah serta pemahaman baru mengenai tugas nyata seorang pendidik di lapangan. Sehingga mampu meberikan bekal agar nantinya untuk pelaksanaan pengajaran yang sesungguhnya sudah mampu menyesuaikan dengan lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, SMK Koperasi Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 May 2018 02:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56730

Actions (login required)

View Item View Item