HUBUNGAN ANTARA STATUS HIDRASI, KONSUMSI CAIRAN, SERTA DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PADA MEMBER FITNESS KELAS ZUMBA DI PERIGON FITNESS STUDIO YOGYAKARTA

Jaya, Indra (2018) HUBUNGAN ANTARA STATUS HIDRASI, KONSUMSI CAIRAN, SERTA DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PADA MEMBER FITNESS KELAS ZUMBA DI PERIGON FITNESS STUDIO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP UJIAN revisi 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Status Hidrasi, Konsumsi Cairan, Serta Daya Tahan Kardiorespirasi Pada Member Fitness Kelas Zumba Di Perigon Fitness Studio Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Metode yang digunakan adalah menggunakan angket dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling populasi. Subyek penelitian ini adalah member fitness kelas Zumba di Perigon Fitness Studio Yogyakarta, dengan jumlah 10 orang. Data status hidrasi diambil menggunakan sampel urin yang diambil setelah bangun tidur dan diukur dengan indikator warna urin. Data konsumsi cairan diperoleh dengan menggunakan angket. Dan pengambilan data daya tahan kardiorespirasi menggunakan multistage fitness test. Berdasarkan hasil penelitian (1) Konsumsi cairan Member Fitness Kelas Zumba di Perigon Fitness Studio Yogyakarta dalam kategori normal, sebanyak 9 orang (90,0%) dari seluruh responden berjumlah 10 orang dan kurang cairan sebanyak 1 orang (10,0%). (2) Status hidrasi Member Fitness Kelas Zumba di Perigon Fitness Studio Yogyakarta, sebanyak 5 orang (50,0%) berada pada kategori baik, 4 orang (40,0%) berada pada kategori sedang, dan 1 orang (10,0%) berada pada kategori dehidrasi. (3) Daya tahan kardiorespirasi Member Fitness Kelas Zumba di Perigon Fitness Studio Yogyakarta dalam kategori rata-rata, dari 10 responden sebanyak 2 orang (20,0%) pada kategori di bawah rata-rata, 5 orang (50,0%) pada kategori rata-rata, sebanyak 3 orang (30,0%) pada kategori baik. (4) Diketahui bahwa korelasi antara status hidrasi dengan konsumsi cairan sebesar rXY -0,485 dengan p (sig.) sebesar= 0,155. Ternyata p > 0,05, dan arahnya negatif (-), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan negatif yang signifikan antara status hidrasi dan konsumsi cairan member fitness kelas zumba di Perigon Fitness Studio Yogyakarta, dan daya tahan kardiorespirasi dengan konsumsi cairan sebesar rXY 0,180 dengan p (sig.) sebesar= 0,619. Ternyata p > 0,05, dan arahnya positif (+), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan positif yang signifikan antara daya tahan kardiorespirasi dan konsumsi cairan member fitness kelas zumba di Perigon Fitness Studio Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: status hidrasi, konsumsi cairan, daya tahan kardiorespirasi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:12
Last Modified: 30 Jan 2019 16:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56727

Actions (login required)

View Item View Item