LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN TERBIMBING (PLT)

Nur Azizah, Nur Azizah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUR AZIZAH_PENDIDIKAN AKUNTANSI_14803244021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan wahana untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Lapangan terbimbing (PLT) bertujuan untuk mengetahui dan menambah pengalaman secara nyata tentang penerapan kompetensi-kompetensi yang diperoleh dalam bangku kuliah untuk bekal menjadi seorang pendidik. Praktik Lapangan terbimbing (PLT) tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi dalam penyaluran ilmu, akan tetapi mahasiswa nantinya mampu untuk memiliki sikap, pengetahuan, kreativitas dan nilai yang dibutuhkan oleh seorang pendidik. Dalam hal ini, mahasiswa melaksanakan Praktik Lapangan terbimbing (PLT) di SMK Koperasi Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kapas 1/5 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan Praktik Lapangan terbimbing (PLT) yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di kelas X Akuntansi 3 yang berjumlah 30 siswa dengan mata pelajaran Produktif Akuntansi selama dua bulan dengan jumlah mengajar sebanyak 3-4 kali dalam seminggu termasuk didalamnya ulangan harian. Selain belajar mengajar di kelas, mahasiswa dituntut untuk melaksanakan program PLT yang lainnya diantaranya membuat administrasi guru, membantu administrasi sekolah, kegiatan ekstrakulikuler diantaranya pramuka, OSIS dan olahraga. Meskipun dalam pelaksanaanya terdapat beberapa hambatan namun secara garis besar kegaiatn PLT dapat berjalan dengan lancar. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) selama dua bulan di SMK Koperasi Yogyakarta mahasiswa mendapatkan banyak manfaat diantaranya dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Akuntansi, pemahaman tentang karakteristik siswa, pemahaman tentang lingkungan sekolah serta pemahaman baru mengenai tugas nyata seorang pendidik di lapangan yang kenyataannya tidak hanya mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK Koperasi Yogyakarta, PLT UNY 2017, Akuntansi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56720

Actions (login required)

View Item View Item