TINJAUAN ESTETIK DAN FUNGSIONAL BANGUNAN TAMAN SARI KERATON YOGYAKARTA

Akbar Hilmi Kurniawan, Akbar (2012) TINJAUAN ESTETIK DAN FUNGSIONAL BANGUNAN TAMAN SARI KERATON YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-PSR-Akbar.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

TINJAUAN ESTETIK DAN FUNGSIONAL BANGUNAN TAMAN SARI KERATON YOGYAKARTA Oleh: Akbar Hilmi Kurniawan NIM 06206244016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estetika dan fungsi bangunan masjid Bawah Tanah,Pemandian Umbul Pasiraman, Pulo Cemeti dan Ledok Sari pada bangunan Taman Sari Keraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi bangunan Taman Sari Keraton Yogyakarta secara langsung, wawancara dengan staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yogyakarta, tour guide dan masyarakat sekitar Taman Sari. Dokumentasi berupa profil, sejarah pembangunan serta foto-foto dari file pengurus Taman Sari. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data yang membandingkan dengan hasil pengamatan. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bangunan Taman Sari Keraton Yogyakarta menurut tinjauan estetika dibangun dengan mempertimbangkan kesatuan, keseimbangan, irama, aksentuasi dan fungsi bangunan seperti pada Masjid bawah tanah, Pemandian, Pulo Cemeti dan Ledok Sari. Aspek estetika menjadi pertimbangan utama tanpa mengabaikan aspek fungsi, baik sosial, fisik, personal maupun simbolik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam perancangan bangunan Taman Sari Keraton Yogyakarta memiliki keselarasan antara bentuk dan fungsinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item