LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Manggar Gendro Biyen Wahyono, Manggar Gendro Biyen Wahyono (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MANGGAR GBW_PENDIDIKAN SENI RUPA_14206241008.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terutama di jurusan Pendidikan Seni Rupa. Usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dalam hal ini mata kuliah lapangan seperti Mata Kuliah Praktik Lapangan Terbimbing. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) tahun 2017 yang berlokasi di SMK Koperasi Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan PLT bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yag telah didapatkan di bangku perkuliahan ke dalam suatu proses pembelajaran nyata sesuai dengan bidang studinya. Sehingga mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang sebagai seorang guru atau pendidik. Pelaksanaan PLT terdiri atas tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahap persiapan meliputi micro teaching dan pembekalan PLT yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Pelaksanaan PLT di SMK Koperasi Yogyakarta meliputi kegiatan non-mengajar dan mengajar. Kegiatan mengajar meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar terbimbing, pembuatan soal evaluasi, dan konsultasi pembimbing. Tahap analisis hasil meliputi hambatan, solusi, dan refleksi. Dalam pelaksanaan PLT, praktikan melaksanakan 12 kali praktik mengajar terbimbing , dengan alokasi praktik sebanyak 6 kali di kelas X DKV dan 1 kali di masing-masing kelas kelas X Akuntansi 1, X Akuntansi 2, X Akuntansi 3, X Pemasaran 1 dan X Pemasaran 2. Selama 12 kali pertemuan tersebut , praktikan membuat sebanyak 7 RPP dengan 3 Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2006). Pelaksanaan program PLT di SMK Koperasi Yogyakarta telah terselesaikan dengan baik oleh praktikan selama kurun waktu yang ditentukan. Dalam pelaksanaanya program PLT masih terdapat beberapa kendala yang perlu diselesaikan, sehingga kegiatan masih membutuhkan tindak lanjut untuk kegiatan PLT pada periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik Mengajar Terbimbing, SMK Koperasi Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56716

Actions (login required)

View Item View Item