LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Linda Retnosari, Linda Retnosari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LINDA RETNOSARI_BIMBINGAN KONSELING_14104241034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik lapangan terbimbing atau PLT adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 UNY di bidang kependidikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan profesi sebagai tenaga pendidik. Program PLT ini bertujuan agar dapat mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelma menjadi tenaga profesional pendidikan. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di perkuliahan dan mengembangkannya di lingkungan sekolah. Pelaksanaan PLT bertempat di SMK Koperasi Yogyakarta, dengan melaksanakan program-program kegiatan sesuai kebutuhan sekolah dan ketrampilan yang dimiliki mahasiswa. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan RPL, praktik mengisi bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, praktik layanan konseling individu dan konseling kelompok. Pelaksanaan PLT telah berjalan dengan lancar. Hasil dari kegiatan PLT di SMK Koperasi Yogyakarta antara lain mengolah dan menganalis hasilneed assesment berupa Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) POP BK di kelas XII Akuntansi dan DKV, praktik mengisi bimbingan klasikal sebanyak 23 kali pertemuan di kelas XII Akuntansi dan DKV, melaksanakan bimbingan kelompok, konseling individual dan konseling kelompok, konferensi kasus dan home visit, kegiatan layanan informasi berupa pembuatan leaflet dan banner papan informasi BK. Dan melaksanakan program insidental yaitu melakukan pengondisian siswa terlambat, mengawasi ujian tengah semester, in house training, pendampingan Pameran Sains SMK se-Jogja, Pendampingan Futsal Piala Super Pelajar, Pendampingan Sosialisasi Perguruan Tinggi, Pendampingan Kunjungan ke Disdikpora DIY, Pembuatan Program Kerja BKK dan Penelusuran Tamatan, Nonton Bareng G30S-PKI, Kegiatan Kerukunan Muslim dan Kegiatan HUT Yogyakarta ke-261. Kegiatan PLT memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan PLT ini tentulah bermanfaat untuk praktikan, walaupun terkadang dijumpai hambatan-hambatan. Terdapat pula kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan PLT, namun praktikan selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi kelemahan yang dihadapi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, SMK Koperasi Yogyakarta, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56713

Actions (login required)

View Item View Item