Mamta Devi, Azdanis (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
AZDANIS MAMTA DEVI_PKNH_14401241030.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapnagan Terbimbing yang selanjutnya disingkat PLT merupakan mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Selain sebagai tempat untuk mempraktikan ilmu pengetahuan, PLT dapat menjadi media bagi mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. Kelompok PLT yang berlokasi di SMK Koperasi Yogyakarta ini terdiri dari 15 mahasiswa dari program Bimbingan Konseling, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, . PLT dilaksanakan di SMK Koperasi Yogyakarta yang beralamat di Jalan Jalan Kapas 1/5 Yogyakarta, dari tanggal 15 September - 15 November 2017. Dalam pelaksanaannya, PLT dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan : pembelajaran mikro di kampus, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajaran dan pembekalan PLT. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, di mana ada 2 kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik persekolahan. viii Dalam praktik mengajar di SMK Koperasi Yogyakarta kelas yang diampu adalah 4 kelas wajib yakni, XI AK 1, XI AK 2, XI AK 3, dan XI DKV. Serta mengisi kelas kosong jika guru pembimbing tidak dapat hadir yakni kelas XII DKV 1, XII PM 2, dan XII PM 3 Dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan total tatap muka dikelas XI adalah 12 kali, dan dikelas XII sebanyak 6 kali dengan beberapa metode yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis hasil pelaksanaan secara keseluruhan program PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan praktik persekolahan, yaitu kegiatan penunjang yang sejalan dengan program sekolah. Bentuk kegiatannya berupa: Upacara hari khusus, membantu Guru Piket, dan membantu kegiatan lain di sekolah. Di akhir pelaksanaan PLT, guru pembimbing memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang melaksanakan PLT. Kegiatan PLT sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru. Harapan ke depan, semoga PLT dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Koperasi Yogyakarta dapat terus terjalin, sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing, SMK Koperasi Yogyakarta. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 01:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |