SINTESIS GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR GRAPHITE LIMBAH BATERAI ZINC-CARBON DALAM FASE CAIR MENGGUNAKAN FREKUENSI AUDIOSONIK DAN ULTRASONIK

Cahyani, Arum Sri and WS. Brams, Dwandaru (2018) SINTESIS GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR GRAPHITE LIMBAH BATERAI ZINC-CARBON DALAM FASE CAIR MENGGUNAKAN FREKUENSI AUDIOSONIK DAN ULTRASONIK. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ARUM SRI CAHYANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk i) mengkarakterisasi hasil dari sintesis GO berbahan limbah baterai Zn-C dalam fase cair menggunakan loudspeaker dengan frekuensi audiosonik dan ultrasonik tanpa kontak langsung dengan larutan, ii) mengetahui pengaruh variasi frekuensi audiosonik dan ultrasonik terhadap material GO yang dihasilkan menggunakan uji spektrofotometer UV-Vis, iii) mengetahui pengaruh variasi frekuensi audiosonik dan ultrasonik terhadap kristalinitas GO yang dihasilkan menggunakan uji XRD. Penelitian ini diawali dengan mengambil bahan serbuk graphite yang berasal dari batang karbon pada baterai Zn-C. Pada metode sonikasi ini digunakan variasi frekuensi yaitu pada frekuensi audiosonik dan frekuensi ultrasonik sebesar 20 Hz, 70 Hz, 200 Hz, 1000 Hz, 6000 Hz, 10 KHz, 20 KHz, 30 KHz, dan 40 KHz. Uji karakterisasi yang dilakukan yaitu pada sampel sebelum dan sesudah perlakuan sonikasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan XRD. Telah dihasilkan GO dengan metode sonikasi menggunakan frekuensi audiosonik dan ultrasonik berdasarkan hasil uji karakterisasi spektrofotometer UV-Vis. Hasil dari sintesis GO diperoleh hasil terbaik pada frekuensi audiosonik yaitu sebesar 200 Hz, pada panjang gelombang 223,00 nm dengan banyaknya energi yang diserap oleh partikel (absobansi) sebesar 2,835. Berdasarkan hasil dari uji karakterisasi dengan spektrofotometer UV-Vis, menunjukkan bahwa variasi frekuensi audiosonik dan ultrasonik berpengaruh terhadap perubahan daya serap energi oleh partikel (absorbansi) material GO hasil sintesis menggunakan metode sonikasi. Sedangkan berdasarkan hasil dari uji karakterisasi dengan XRD, menunjukkan bahwa variasi frekuensi audiosonik dan ultrasonik tidak berpengaruh terhadap parameter kisi dan struktur kristalnya. Hal ini karena parameter kisi yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan data JCPDS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GO, baterai Zn-C, sonikasi, frekuensi audiosonik, frekuensi ultrasonik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 09 May 2018 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56703

Actions (login required)

View Item View Item