KAJIAN KECEPATAN TENDANGAN ATLET KATEGORI TANDING PADA PEKAN OLAHRAGA PELAJAR PROVINSI DIY CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT TAHUN 2017

Hasymi, Syarif Nur (2018) KAJIAN KECEPATAN TENDANGAN ATLET KATEGORI TANDING PADA PEKAN OLAHRAGA PELAJAR PROVINSI DIY CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kecepatan tendangan yang dilakukan pesilat remaja kategori tanding pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi DIY tahun 2017, dan (2) untuk mengetahui teknik apa yang paling cepat yang dilakukan pesilat remaja pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi DIY tahun 2017 Cabang Olahraga Pencak Silat Kategori Tanding. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan video yang didukung dengan lembar penilaian teknik dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta Pekan Olahraga Daerah Provinsi DIY Cabang Olahraga Pencak Silat kategori tanding tahun 2017 yang terdiri dari 45 atlet tanding putra dan 38 atlet tanding putri dengan total 83 atlet tanding. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan sampel penelitian adalah peserta Pekan Olahraga Pelajar Daerah Provinsi DIY cabang olahraga pencak silat kategori tanding tahun 2017 yang berjumlah 83 atlet. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk angka dan uraian hasil kecepatan yang telah dihitung dengan menggunakan aplikasi kinovea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tendangan yang paling cepat pada pertandingan Pekan Olahraga Daerah Provinsi DIY tahun 2017 cabang olahraga pencak silat kategori tanding putra adalah tendangan sabit dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,08 detik, disusul yang kedua adalah tendangan depan dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,16 detik, selanjutnya adalah tendangan T/samping dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,18 detik dan yang terakhir adalah tendangan balik dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,32 detik. Sedangkan, teknik paling cepat dilakukan atlet pencak silat kategori tanding putri pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah Provinsi DIY adalah teknik tendangan sabit dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,12 detik, dilanjut dengan teknik tendangan T dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,18 detik, dan yang terakhir adalah teknik tendangan depan dengan catatan waktu paling cepat adalah 0,19 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, tendangan, pencak silat, kategori tanding
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56702

Actions (login required)

View Item View Item