PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SLTP

Sugiyono, . (2003) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOMETRI DI SLTP. [Experiment/Research]

[img] Text
PELAKSANAAN_PEMBELAJARAN_GEOMETRI_DI_SLTP.doc

Download (31kB)

Abstract

Sugiyono,EndangListyani,Atmini Dhoruri,Ali Mahmudi, Heri Fatmawati,Umdatun Nafiah, Cahyo Nugroho,Nurlaela Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pembelajaran Geometri di SLTP, yakni mengenai persepsi guru tentang geometri,ketuntasan bahan ajar geometri, strategi atau metode yang dib'lmakan,alat-alat bootudanalat peraga yang digunakan,serta evaluasiyang digunakanguru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SLTP Negeri se. kabupaten Bootul,dengansampel guru-guru matematika dari 10 SLTP Negeri di Kabupaten Bantul. Alat pengumpul data berupa angket kepada guru, dan siswa, yang terdiri dari angket persepsi, materidan pembelajaran, alat peraga dan alat bantu pembelajaran, serta angket evaluasi.. Data diolah dengan analisis diskriptifberbentukpersentase Penelitianini menghasilkan : (1) Persepsi guru matematika terhadap Geometri adalah baik, geometri mudah untuk diajarkan, tidak membosankan, geometri bermanfaat, dalam pembelajarannyaperlu alat peraga, materi lukisan perlu diajarkan, materi gemetri SLTP sudah cukupan, mengajarkan geometri erlu ketekunan, variasi metode, dan contoh dalam kehidupannyata. (I) Hampir semua materi pada kurikulurntelah diajarkan kepafda siswa (selain pegubinan dan lukisan), sebagian besar guru telah menggunakan peraga berupa model,tetapi dalam pembuatannya tidak melibatkab siswa. (3) Persepsi guru terhadap alat peragaadalah baik, Sebagian besar guru tidak mengalamikesulitan dalam penggunaan alat peraga,alat-alatperagadan alat bantuyangdigunakan guru adalah: sepasang segitiga sikusiku, papan berpetak, jangka, penggaris, busur derajat, model-model bangun mang, klinometer, kerangka bangun ruang, model bangun-bangun gcomctri, kalcng, dan sebagainya. (4) Semua b'llrumembcrikanPekerjaan Rumah(PR) dan tugas, . sebagian besar PR dan tugas dibahas, diniai dan ikut menentukan nilai dalam raport, Sebagian guru menyusun kisi-kisiwaktu menyusunsoal dan menganalisbutir soal, tetapi tidak semua tes. Semua guru menggunakan tes tcrtulis dalam mengevaluasi, dan scbagian kecil lagi melakukan tes lesan dan tes perbuatan.. Sebagian besar guru menggunakantes objektif dan tes uraiandalam mengevaluasi,dan sebagian gum lagi hanya menggunakantes uraian saja. Semuaguru memberikantes tentang melukis., dan sebanyak 17,2%guru tidak memberikan tes tentang pembuktian.. Semua gum menyuruh siswa mengerjakansoal di depan kelas (di papootulis), tetapi sebanyak 33,3% hal itu tidak mempengaruhinilai rapor Itidak dinilai. Sebanyak 73,3% guru tidak pemah memberikan kuis. Sebanyak 80% gum hampir selalu/seringmengembalikanlembar pekerjaan ulangan I tes kepada siswa .Sebagian besar guru(80%) hampir selalu/seringmemengulangkembali materi yang sebagian banyak siswa mendapatkannilai rendah. Sebagian besar guru ( 63,3%) selalu memberitahukan terlebih dulu kepada siswa

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item