EFEKTIVITAS MASSAGE FRIRAGE DAN KINESIO TAPING DALAM PENURUNAN NYERI DAN PENINGKATAN RANGE OF MOTION PADA CEDERA ANKLE SPRAIN

Setyawan, Aji (2020) EFEKTIVITAS MASSAGE FRIRAGE DAN KINESIO TAPING DALAM PENURUNAN NYERI DAN PENINGKATAN RANGE OF MOTION PADA CEDERA ANKLE SPRAIN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aji setyawan_12603141013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Olahraga menjadi aktivitas yang sangat penting bagi manusia namun selain manfaat yang diperoleh olahraga juga mengakibatkan cederas yang berkepanjangan, salah satu cedera yang sering sekali diperoleh adalah cedera ankle, cedera tersebut setelah di berikan penanganan terapi namun dalam proses penyembuhannya mereka sering memaksakan gerakan, seringkali juga mereka yang sudah diberikan terapi belum sembuh serratus persen naumun memaksakan untuk berolahraga kembali atau aktifitas kembali tanpa memikirkan cedera yang sering kambuh, dan juga beberapa proses terapis yang kurang maksimal akibat penanganannya yang kurang baik, anggota Ukm Pencak silat UNY sering memperoleh cedera tersebut dan mengakibatkan cedera yang berkepanjangan sehingga latihan mereka tidak maksimal. Penelitian ini akan dilakukan dengan penelitian experimen semu (pre experimental design). Penelitian ini juga termasuk dalam bentuk one group pretest post test design. Dengan jumlah sample sebanyak 20 orang dan diberikan terapi berupa post tes terlebih dahulu selanjutnya diberikan terapi dan diakhiri dengan post test, pengukuran dilakukan menggunakan test Goniometer untuk melihat ROM antara lain dorsofleksi, plantarfelksi, inversi, eversi. Selain itu pengukuran VAS bertujuan untuk mengukur beberapa kondisi ankle saat istirahat, jalan, berjinjit, dan jalan berjinjit.selain analisis deskriptif dan juga karena data tidak terdistribusi dengan baik maka menggunakan uji wilcoxson sighn rank test untuk membedakan pretest dan post test sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada test tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ROM yang diukur menggunakan alat goniometer pada dorsofleksi dari 0,74 menjadi 0,60 plantarfelksi dari 0.704 menjadi 0.157, inversi dari 6.31 menjadi 2.12 eversi dari 1.20 menjadi 1.28, istirahat dari 0.70 menjadi 0.60 tekan dari 0.70 menjadi 0.15 jalan dari 0.661 menjadi 0.369 jalan jinjit dari 0.493 menjadi 0.114. Uji normalitas data Nornal dengan signifikasi > 0.05 dan terapi masse frirage dan kinesiotaping yang digunakan untuk meneliti Range of motion dan penurunan nyeri pada cedera ankle ada pengaruhnya setelah di analisis dengan uji t dengan hasil 0,000 < 0,05 pada semua kelompok ukur baik dari ROM maupun dari nyeri.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. Rahmah Laksmi Ambardini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: cedera
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Jan 2021 07:01
Last Modified: 05 Jan 2021 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56693

Actions (login required)

View Item View Item