HUBUNGAN ANTARA REAKSI DAN KOORDINASI DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS DI SEKOLAH BULUTANGKIS PANCING SEMBADA SLEMAN YOGYAKARTA

Fitriyani, Neni (2018) HUBUNGAN ANTARA REAKSI DAN KOORDINASI DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS DI SEKOLAH BULUTANGKIS PANCING SEMBADA SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Neni Fitriyani_14601241120.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel reaksi dan koordinasi dengan keterampilan bermain bulutangkis di Sekolah Bulutangkis Pancing Sembada Sleman Yogyakarta. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa usia 12-15 tahun di Sekolah Bulutangkis Pancing Sembada. Teknik sampling diambil menggunakan sampling purposive dengan jumlah sampel yang digunakan sesuai syarat kriteria sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan berupa alat tes whole body reaction, tes lempar tangkap bola tenis, dan tes bermain bulutangkis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi dan korelasi, secara sederhana maupun ganda, dengan uji normalitas dan linearitas. Hasil hipotesis pertama diperoleh harga r hitung = -0,626 > r (0.05) p(11) = 0,476, hasil tersebut dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara reaksi dengan keterampilan bermain bulutangkis siswa usia 12-15 tahun di Sekolah Bulutangkis Pancing Sembada. Hasil hipotesis ke dua diperoleh harga rhitung = 0,765 > r(0.05)(11) = 0,476. Hasil tersebut dapat disimpulkan ada hubungan yang siginifikan antara koordinasi dengan keterampilan bermain bulutangkis siswa usia 12-15 tahun di Sekolah Bulutangkis Pancing Sembada. Hasil uji hipotesis ke tiga diperoleh harga F hitung 7,830> F tabel (4,26) hasil tersebut dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara reaksi dan koordinasi dengan keterampilan bermain bulutangkis siswa usia 12-15 tahun di Sekolah Bulutangkis Pancing Sembada Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, reaksi, koordinasi, keterampilan bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Apr 2018 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56690

Actions (login required)

View Item View Item