UJI VALIDASI OUTPUT TEKNOLOGI AUDIO BIO HARMONIK DENGAN MENGGUNAKAN SMARTCHIP SERI WT5001 DITINJAU DARI VARIASI PEAK FREQUENCY DAN TARAF INTENSITAS BUNYI YANG DIHASILKAN

Indrawan, Toni and Kadarisman, Nur (2018) UJI VALIDASI OUTPUT TEKNOLOGI AUDIO BIO HARMONIK DENGAN MENGGUNAKAN SMARTCHIP SERI WT5001 DITINJAU DARI VARIASI PEAK FREQUENCY DAN TARAF INTENSITAS BUNYI YANG DIHASILKAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
full bab.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil distribusi peak frequency dan taraf intensitas bunyi dari instrumen stimulator Audio Bio Harmonik terhadap perubahan jarak dan sudut pemaparan. Sumber bunyi yang digunakan yaitu suara garengpung yang termanipulasi pada peak frequency 3000 Hz, 3500 Hz, 4000 Hz, 4500 Hz, dan 5000Hz. Perekaman sumber bunyi yang dipaparkan pada penelitian ini menggunakan mic condenser dan aplikasi Spectra Plus-SC untuk pengukuran peak frequency dan Sound Level Meter yang digunakan untuk pengukuran taraf intensitas bunyi. Pengambilan data peak frequency dan taraf intensitas bunyi dilakukan di dua tempat yaitu di lapangan dan di laboratorium dengan pola setengah melingkar sudut antara 0o sampai 180o dengan interval sudut 30o. Variasi jarak yaitu 1 m untuk pengukuran di lapangan dan 25 cm untuk pengukuran di laboratorium. Pengukuran di laboratorium dilakukan sebagai data penunjang untuk data pengukuran di lapangan. Hasil data pengukuran peak frequency dan taraf intensitas bunyi dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan Origin 5.0 untuk analisis grafik. Hasil pengukuran di lapangan menunjukan pola peak frequency pada pola setengah lingkaran dengan jangkauan terjauh untuk masing-masing peak frequency berada pada sudut 90o. Sedangkan untuk jangkauan terdekat untuk tiap peak frequency berada pada sudut 0o dan 180o. Pola yang terbentuk yaitu jangkauan terjauh untuk setiap peak frequency membentuk pola menyerupai pola radiasi antena tipe end fire. Pengukuran taraf intensitas bunyi terhadap jarak untuk setiap peak frequency menghasilkan grafik yang di fitting exponensial. Semakin jauh jarak terhadap sumber bunyi maka taraf intensitasnya berkurang secara eksponensial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audio Bio Harmonik, peak frequency, taraf intensitas bunyi , end fire
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56679

Actions (login required)

View Item View Item