KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MENGATASI KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA SE-KABUPATEN PURWOREJO

Fathurrohman, Amin (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MENGATASI KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA SE-KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMIN FATHURROHMAN.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas guru pendidikan jasmani dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana penjas di SMK Swasta se-Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah sebagai salah satu upaya guru untuk menyikapi masalah keterbatasan sarana dan prasarana penjas, guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik, sesuai, efektif, dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SMK Swasta se-kabupaten Purworejo yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana masuk pada kategori tinggi (66,7%) dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru Penjasorkes yang terdiri dari tiga faktor yang meliputi: (1) kemampuan guru melihat masalah dalam Penjasorkes masuk dalam kategori sangat tinggi (50,0%); (2) kemampuan guru dalam mengembangkan kreativitas memodifikasi sarana dan prasarana masuk dalam kategori tinggi (69,4%); dan (3) sikap menerima dan terbuka dalam hal-hal baru masuk dalam kategori tinggi (52,8%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, sarana, prasarana
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2018 05:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56676

Actions (login required)

View Item View Item