LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Maimanati Taslim, Maimanati Taslim (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241067_Maimanati Taslim.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan lain yaitu memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata.. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)) mahasiswa UNY dilaksanakan dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017 di SMK Negeri 7 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Gowongan Kidul Blok JT III No.416, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PLT yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PLT meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan. Tahapan Pelaksanaan PLT meliputi program pembuatan administrasi mengajar, pembuatan RPP, pembuatan soal evaluasi, administrasi guru, dan konsultasi pembimbing dan pelaksanaan kegiatan mengajar dikelas XI Akuntansi 1, XI Akuntansi 2 dan XI Akuntansi 3 mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang. Tahapan terakhir yaitu penyusunan laporan kegiatan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PLT. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) secara umum terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil dari kegiatan ini bagi mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan akuntansi yang diperoleh di perkuliahan dapat diterapkan dengan baik disekolah. Kendala dalam melaksanakan suatu kegiatan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Namun, kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya kerjasama yang baik dari seluruh pihak yang terkait dengan kegiatan PLT ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Program PLT, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2018 00:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56662

Actions (login required)

View Item View Item