SINTESIS DAN KARAKTERISASI GRAPHENE OXIDE TERKOMBINASI NANOPARTIKEL PERAK DALAM FASE CAIR

Fathia, Azka and WS. Brams, Dwandaru (2018) SINTESIS DAN KARAKTERISASI GRAPHENE OXIDE TERKOMBINASI NANOPARTIKEL PERAK DALAM FASE CAIR. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil sintesis larutan GO terkombinasi AgNP yang divariasi konsentrasi larutannya serta pengaruh dari interaksi antara lembaran GO yang dikombinasikan AgNP berdasarkan hasil karakterisasi UV-Vis, SEM-EDX, XRD, dan spektrofotometer FTIR. Pengaruh dari penambahan AgNP pada larutan GO dapat ditunjukkan melalui adanya perubahan struktur material GO menjadi material rGO yang ditunjukkan dengan pergeseran nilai puncak absorbansi pada hasil uji spektrofotometer UV-Vis, perubahan morfologi dan unsur kandungan sampel pada hasil uji SEM-EDX, perubahan struktur kristal sampel pada hasil uji XRD, serta perubahan nilai transmitan dan pegeseran bilangan gelombang pada hasil uji spektrofotometer FTIR. Penelitian ini dimulai dengan membuat dua jenis larutan. Larutan pertama adalah larutan AgNP dengan konsentrasi 1 mM, 2 mM, 3 mM, dan 4 mM, sedangkan larutan kedua adalah larutan GO-AgNP. Pembuatan larutan AgNP dilakukan dengan metode reduksi kimia yaitu mereaksikan larutan AgNO3 tiap konsentrasi dengan agen pereduksi sehingga terbentuklah larutan AgNP. Sedangkan pembuatan larutan GO-AgNP dilakukan dengan metode LSE yaitu mencampurkan larutan AgNP dan larutan grafit dengan perlakuan sonikasi sehingga larutan akan tereksfoliasi menghasilkan lembaran GO yang terdeposisi AgNP. Hasil uji sampel GO-AgNP menggunakan spektrofotometer UV-Vis diperoleh hasil terbaik pada konsentrasi 4 mM yang menunjukkan dua puncak absorbansi dengan nilai panjang gelombang 265 nm dan 416,5 nm. Hal ini juga menyebabkan pergeseran redshift GO dengan panjang gelombang 252 nm sampai 265 nm yang merupakan rentang panjang gelombang material rGO. Hasil uji XRD menunjukkan terjadinya perubahan struktur kristal heksagonal menjadi struktur kristal rhombohedral yang mengindikasikan telah terbentuknya material rGO. Pada hasil uji FTIR menunjukkan sampel GO-AgNP memiliki puncak bilangan gelombang pada 1634,71 cm-1 yang juga berada pada rentang bilangan gelombang terbentuknya material rGO (Goldsheikh et al., 2014; Mishra et al., 2015). Berdasarkan hasil karakterisasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan nanomaterial rGO dari hasil sintesis larutan GO-AgNP menggunakan metode LSE dan reduksi kimia yang memiliki tingkat kestabilan nanopartikel cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GO, GO-AgNP, LSE, reduksi kimia, spektrofotometer UV-Vis, SEM-EDX, XRD, dan spektrofotometer FTIR
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56656

Actions (login required)

View Item View Item