PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI VISUAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X

Sangidu, Ratna Amalia and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI VISUAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
11 SKRIPSI.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis mobile learning yang layak digunakan untuk proses pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak parabola, (2) mengetahui peningkatan kemampuan literasi visual peserta didik dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Tahap analyze merupakan tahap awal untuk menganalisis permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Tahap design merupakan tahap untuk merancang media pembelajaran berbasis mobile learning. Tahap development merupakan tahap untuk menghasilkan instrumen penelitian sebagai berikut: (1) RPP, (2) lembar validasi, (3) lembar observasi keterlaksanaan RPP, (4) angket respon peserta didik dan (5) lembar soal tes hasil belajar dan literasi visual. Selain itu pada tahap pengembangkan dilakukan relialisasi media pembelajaran berbasis mobile learning yang layak digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan literasi visual dan hasil belajar peserta didik. Adapun kelayakan media pembelajaran berbasis mobile learning dianalisis dengan menggunakan Standar Baku Ideal (SBi) sedangkan peningkatan kemampuan literasi visual peserta didik dan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai Normalized Gain pada lembar soal pre-test dan post-test. Tahap implementation merupakan tahap implementasi media pembelajaran berbasis mobile learning pada uji terbatas dan uji luas. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Sewon. Tahap terakhir dalam penelitian ini adalah tahap evaluate untuk memperbaiki media pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan saran dari validator dan peserta didik. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis mobile learning layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola kelas X, (2) peningkatan kemampuan literasi visual peserta didik sebesar 0,26 pada kategori rendah dan (3) peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,62 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mobile learning, literasi visual dan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56655

Actions (login required)

View Item View Item