PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI TSM 2 SMK MA’ARIF 1 WATES

Candrawati, Dita May (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI TSM 2 SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PDF 4. SKRIPSI DITA MAY CANDRAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU pada siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TSM 1 sebagai kelompok kontrol masing-masing kelas memiliki karakteristik yang hampir sama. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pendekatan TGfU (Teaching Games for Understanding), sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru yaitu pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi tes afektif siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik interensial, yang didukung dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU terhadap peningkatan tanggung jawab dan kerja sama siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates, hasil dari tanggung jawab menunjukkan nilai t hitung 3,012 > t tabel (df 27;0,05) 2,052, nilai signifikansi 0,006 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 10,91%, sedangkan untuk sikap kerja sama nilai t hitung 2,645 > t tabel (df 27;0,05) 2,052, nilai signifikansi 0,013 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 6,29%. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU memberikan pengaruh terhadap peningkatan tanggung jawab dan kerja sama siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU), sikap tanggung jawab dan kerja sama
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Apr 2018 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56654

Actions (login required)

View Item View Item