PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Nugroho, Mochtar Purwo and Suyoso, Suyoso (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan pengaruh peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui perbedaan pengaruh peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar, dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 161 peserta didik yang terbagi dalam lima kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan diperoleh kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, LKPD, angket motivasi, soal tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Validitas isi pada instrument RPP, LKPD, angket motivasi, dan soal tes menggunakan SBI dan Koefisien Reprodusitas dan Koefisien Skalabilitas. Validitas empiris pada instrument soal tes menggunakan nilai Point Biser dan reliabilitas pada instrument soal tes menggunakan Koefisien Alpha Cronbach. Untuk teknik analisis data digunakan analisis Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar, (2) peningkatan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional berdasarkan nilai Normalized Gain yaitu 0,14 dengan 0,07 dalam kategori rendah, (3) ada perbedaan pengaruh peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar, dan (4) peningkatan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional berdasarkan nilai Normalized Gain yaitu 0,53 dengan 0,45 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Teaching, motivasi belajar dan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56652

Actions (login required)

View Item View Item